Senin, 25 Juli 2011

Resep Jitu Belajar Fisika

Pak susah bangetttt.....!!!! Itulah kalimat yang terlalu sering saya dengar dari anak didik saya, meskipun ini terdengar tidak populer tapi dari tahun ke tahun kalimat itu yang sering mampir di telingaku. Maka kali ini saya mencoba membantu anak didik saya dengan memberikan resep sederhana yang menurut saya diharapkan bisa membantu anak didik saya dalam mengatasi masalah yang dihadapi kesehariannya. Jika belum pas persis mungkin cara menerapkannya yang belum tepat.

Berikut resep sederhana yang dapat saya sampaikan mudah-mudahan bisa membantu, resep ini saya ramu dari pengamatan dan pengalaman dalam proses pembelajaran dengan diawali dari kesulitan anak dalam memahami konsep fisika.
1.      Paham
Saya selalu mengatakan kepada siswa bagaimana di rumah bisa belajar fisika dengan mudah, karena pada saat di jelaskan gurunya atau simplenya pada saat ada gurunya di kelas belum paham apalagi kalau di rumah tanpa ada guru yang membimbing untuk memahami. Dengan kata lain jangan membawa ketidakpahaman ke rumah. Pastikan setelah usai pelajaran fisika harus paham dengan apa yang sudah di jelaskan.

2.      Bertanya
Bertanyalah jika apa yang disampaikan guru belum paham, bertanya tidak harus kepada guru mungkin teman sebangkunya, yang paling ideal bertanyalah kepada gurunya untuk bisa menjelaskan kembali biar lebih paham. Intinya jangan membawa ketidakpaham ke rumah, selesaikan di saat gurunya masih ada.
Kelemahan pada siswa kita antara lain adalah susah untuk mengajukan pertanyaan meskipun ini juga ada beberapa factor yang menyebabkan kenapa siswa kurang berani bertanya antara lain adalah :
v  Malu untuk bertanya karena yang ada di pikiran siswa jika bertanya akan terlihat ketidakpahamnnya oleh teman-teman padahal mestinya tidak begitu.
v  Anak yang belum terbiasa bertanya begitu akan mengajukan pertanyaan khawatir jika teman-temanya melihat, karena ini memang betul-betul terjadi begitu ada siswa yang jarang bertanya kemudian mengajukan pertanyaan seolah-olah perhatiaan temannya tertuju pada siswa yang bertanya.
v  Guru kurang bisa mengelola kelas sehingga muncul pertanyaan.
v  Untuk mengatasi itu semua maka guru harus bisa memberi motivasi siswa agar mau menanykan sesuatu yang dijelaskan tetapi belum paham.
3.      Latihan soal
Setelah paham dengan apa yang sudah disampaikan guru maka langkah selajutnya adalah berlatihlah mengerjakan soal. Kerjakan soal yang ada sebisa mungkin kalau belum bisa tetap dicoba, jika dicoba masih belum bias cobalah mulai dengan soal yang mudah dulu dan cari buku yang banyak conroh soal dan latihan soalnya sehingga akan membantu jika tidak bisa mengerjakan soal bisa membuka contoh soal.
4.      Belajar dengan prinsip gotong royong
Buatlah kelomok belajar yang disitu ada teman yang dipandang pinter, karena yang pinter diharapkan akan dapat membantu disaat menemui kesulitan mengerjakan soal latihan. Dengan berkelompok berarti kita menerapkan prinsip gotong royong yaitu beban yang berat menjadi ringan karena kita membagi kesulitan kita bersama teman-teman lainnya.
5.      Hafal rumus
Dalam mengerjakan fisika memang ada satu tuntutan yang mutlak yaitu hafal rumus. Tapi kita tidak perlu panic harus menghafal rumus yang berupa huruf dengan segala macam operator matematikanya, karena dengan sering latihan mengerjakan soal otomatis rumus akan hafal dengan sendirinya.
Demikian resep sederhana Insya Allah bermanfaat… semangat….




0 komentar:

Posting Komentar